Saturday, November 6, 2010

Otomotif dan Fashion Dominasi Situs Belanja Online RI

Headline


Fashion dan otomotif menjadi produk yang paling hot di situs belanja di Indonesia. Sementara dari pengunjung, Jakarta adalah yang terbanyak.

Direktur situs yang menawarkan iklan online gratis, Tokobagus.com Arnold Sebastian Egg mengatakan iklan yang diposting di situsnya kebanyakan adalah fashion dan otomotif dan menjadikan situs itu teratas di kategori dua produk itu. Untuk dua kategori tersebut, Tokobagus menempati posisi teratas, katanya di Jakarta.

Sementara dari pengunjung, sekitar 70 -80 persen trafik berasal dari Jakarta. Padahal situs itu didirikan di Bali dan berkantor di wilayah itu. Namun Tokobagus.com akan segera memindahkan kantornya ke Jakarta. "Pemindahan itu untuk mendekati pasar yang lebih besar," kata Sebastian.

Ia mengatakan mendapat keuntungan dari penetrasi internet yang terus berkembang. Sementara untuk meningkatkan kesadaran orang pada situs belanja online, Tokobagus.com yang berdiri pada 2005 banyak berinvestasi melalui berbagai macam iklan.

Menurut Sebastian orang tertarik memasang iklan di situs itu karena gratis. Sebastian mengatakan pihaknya tdiak mendapat revenue dari iklan yang dipasang, namun mendapat pemasukan dari iklan banner yang ada di situs Tokobagus.com.

Ia mengatakan sebelumnya iklan di situs Tokobagsu.com baru mencapai 2.000 hingga 3.000 per hari. Namun saat ini sudah 10 ribu.

Untuk menghidnara iklan yang negatif, Sebastian mengatakan pihaknya melakukan verifikasi terhadap 10 ribu iklan yang masuk setiap harinya.

Kami punya 12 karyawan yang merevifikasi, katanya.

Sementara trafik Tokobagus.com mencapai 70 juta pengunjung tiap bulan. Situs ini berada di urutan 31 berdasarkan rangking Alexa. Sebastian menargetkan Tokobagus.com akan masuk 20 besar.

Sementara sejak berdiri 2005, Tokobagus.com akan merayakan pemasang iklannya yang ke 1 juta.[ito]

No comments:

Post a Comment