Saturday, December 18, 2010

10 Mobil Terbaik 2010 Versi Majalah Playboy

foto

Majalah khusus dewasa, Playboy, telah memilih 10 mobil terbaik 2010 sesuai dengan kategori yang ditetapkannya. Mobil asal Jerman, Mercedes Benz SLS AMG, dinobatkan sebagai Playboy’s Car 2011.

Pernyataan majalah itu seperti dilansir The Auto Channel, Sabtu (18/12) menyebut, mobil besutan Mercedes Benz itu memiliki paduan antara estetika, teknologi canggih, serta kenyamanan adalah daya magnet luar biasa yang dimiliki Mercedes Benz SLS AMG.

“Mercedes SLS AMG generasi anyar ini dengan sempurna memadukan antara DNA Mercedes Benz Gullwing 1950 dengan performa moderen,” sebut Playboy.

Ken Gross, Editor Automotif Playboy mengaku telah melakukan serangkaian seleksi terhadap berbagai merek dan jenis kendaraan roda empat dari berbagai penjuru dunia. Tak hanya itu. Tim majalah itu juga telah melakukan uji coba dengan mengendarai mobil yang masuk dalam nominasi.

Gross menyebut, 10 mobil terbaik 2010 itu akan ditampilkan di majalah khusus dewasa itu pada edisi Januari 2011. Berikut 10 mobil terbaik pilihan Playboy.

1. Playboy’s 2011 car of the year: Mercedes Benz SLS AMG
Majalah Playboy menyebutnya sebagai mobil dengan paduan sempurna antara DNA mobil terbaik masa lalu dengan kesempurnaan performa mobil masa kini. Mobil yang di Indonesia dinamai si sayap Camar itu diluncurkan Juni lalu. Mobil ini mengusung 6.208 cc DOHC 32 valve V8.

Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 563 bhp dan torsi 479 lb-ft. Akselarasi dari posisi diam ke kecepatan 100 km per jam dicapai hanya dalam tempo 3,5 detik.

2. The best hybrid car: Honda CR-Z
Sedan hybrid besutan Honda itu disebut sebagai mobil yang seksi oleh majalah Playboy. “Kala melintasi jalanan dijamin banyak perempuan cantik yang terpana dibuatnya,” sebut malajah itu.

CR-Z yang merupakan singkatan dari Compact Renaissance Zeromobil itu menggunakan mesin bensin 1.500 cc empat silinder yang mampu menyemburkan tenaga hingga 114 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi 145 Newtonmeter (Nm) pada 4.800rpm.

Mesin konvensional itu dikawinkan dengan motor listrik berteknologi khas Honda - Integrated Honda Motor Assist (IMA) yang menghasilkan tenaga hingga 13,5 daya kuda.

3. The best sport sedan: Aston Martin Rapide
Generasi paling anyar Aston martin Rapide diluncurkan April lalu. Sedan sport empat pintu besutan Aston Martin Inggris itu, dibekali mesin 6.000 cc V1. Mesin itu diklaim mampu menyemburkan tenaga 470 bhp dan transmisinya menggunakan touchtronic enam tingkat percepatan.

Di negeri asalnya, sedan ini dibanderol US$ 199.950 atau sekitar Rp 1,82 miliar. Berbeda dari mobil Aston Martin lainnya, Rapide tidak diproduksi di Inggris tetapi di Graz, Austria.

4. Best Sport Coupe: Cadillac CTS-V
Mobil coupe besutan Cadillac General Motors itu, disebut-sebut coupe bermesin V8 tercepat di kelasnya. Mesin 6.200 cc V8 itu diklaim mampu menghasilkan tenaga 556 daya kuda dan torsi 745 newton meter.
Mobil ini diluncurkan pada September 2008.

5. Best Convertible: Porsche Boxster Syper
“Sebuah mobil convertible paling cerdas yang pernah dibuat di muka bumi,” begitulah majalah Playboy menyebutnya.

Mobil besutan Porsche AG, Jerman itu pertamakali diperkenalkan ke public pada gelaran LosAngeles Auto Show 2009, pada 3 Desember 2009 lalu.

Pada 2009 lalu New York Times juga menobatkan mobil ini sebagai mobil terbaik 2009. Kala itu convertible ini berada di urutan delapan.

6. Best Bang for the buck: Mazda 2
Mobil hatchback besutan Mazda Motors ini dinilai memiliki desain yang cantik performa mesin yang andal, serta interior yang penuh gaya. Konsumsi bahan bakarnya pun dinilai cukup irit dengan satu liter untuk 14,75 kilometer di jalan bebas hambatan.

Mazda 2 menyandang mesin NZR 1500 cc, empat silinder segaris DOHC 16 valve. Sementara fitur kenyamanan dan keamanan yang disematkan pada mobil ini antara lain sequential valve timing (SVT).

Peranti ini menggabungkan respon yang tinggi sepoanjang percepatan berbeda dengan efisiensi bahan bakar. Walhasil kenyamanan berkendara tetap terjaga dan tidak boros bahan bakar.

7. Best SUV: Jeep Grand Cherokee
Sport Utility Vehicle (SUV) besutan Chrysler itu menyandang mesin Pentastar 3.600 cc V6. Mesin baru itu diklaim memiliki tingkat efisiensi bahan bakar 11 persen lebih tinggi dibanding model sebelumnya. Konsumsi bahan bakarnya, 23 mil per galon atau sekitar 9,79 kilometer per liter.

8. Best Commuter: Nissan Leaf
“Mobil listrik plug in itu memiliki kenyamanan tak ubahnya sebuah coupe,” sebut Playboy.

Akhir November lalu, Leaf menjadi mobil listrik pertama yang dinobatkan sebagai "European Car of the Year". Mobil ini meraih nilai 257 mengalahkan saingan terdekatnya Alfa Rome Giuletta yang meraih nilai 248, dan Opel Meriva yang mendapat 244 poin.

9. Best Plug in: Chevrolet VoltGeneral Motors mulai memasarkan Chevrolet Volt akhir tahun ini di Michigan, California, New York, New Jersey, Connecticut, Texas dan Washington D.C. Satu hingga satu setengah tahun kemudian, mobil bertenaga setrum itu sudah dipasarkan di seluruh negara bagian Negeri Abang Sam.

Di negara itu, Volt dibanderol US$ 41 ribu atau sekitar Rp 373 juta. Berkat teknologi voltec, mesin konvensional Volt mulai aktif ketika daya listrik dari baterai ion lithium telah berkurang 70 persen.

Namun, GM menegaskan cara kerja mesin itu berbeda dengan teknologi mobil hybrid. Mesin bensin itu bekerja untuk mengisi baterai listrik yang telah berkurang daya setrumnya. Walhasil, baterai tidak akan tekor dan mobil pun tetap melaju hingga tujuan yang ditetapkan.

10. Most Likely to Succed: Hyundai Equus
Sedan mewah besutan Hyundai Motors Corp, Korea Selatan itu saat ini masih dalam wujud mobil konsep. Equus digandang-gandang akan mampu bersaing dengan BMW seri 7 dan Mercedes Benz S550.

Equus berteknologi 4WD atau All Wheel Drive. Kemungkinan akan diproduksi dalam dua varian mesin. Pertama, Equus masih menyandang mesin yang ada saat ini, yaitu 4.600 cc. Mesin itu dinilai masih mumpuni untuk menyokong performa Equus. Kedua, sedan itu akan dibekali mesin 5.000 cc V8.

!-- @page { size: 21cm 29.7cm; margin: 2cm } P { margin-bottom: 0.21cm } -->Itulah mobil terbaik di 2010 menurut majalah Playboy. Mobil-mobil ini akan menjadi 'Car of the Year 2011.' 



http://tempointeraktif.com/hg/prototype/2010/12/18/brk,20101218-299903,id.html

No comments:

Post a Comment