Tuesday, December 21, 2010

Burung Gagak Invasi Kota-Kota di Jepang


Kota-kota di Jepang kini tengah menghadapi wabah burung gagak, mereka mencoba untuk mengurangi burung hitam tersebut. Bahkan salah satu kota akan memberikan hukuman bagi mereka yang memberi makan burung tersebut.

Dewan kota Minoh, dekat Osaka, Jepang, minggu lalu mengeluarkan larangan bagi warganya agar tidak membiarkan makanan di luar rumah untuk burung gagak.

Siapapun yang tidak mengindahkan larangan ini atau menolak petugas untuk memasuki properti mereka untuk memeriksa apakah mereka melanggar aturan tersebut akan dilaporkan ke polisi dan akan didenda hingga mencapai Rp10 juta. Demikian lansir Telegraph, Selasa (21/12/2010).

Kampanye pemusnahan yang sudah dilakukan di kota lain di Jepang tampaknya tidak efektif karena burung gagak tersebut malah makin berani dan makin pintar dalam menghadapi ancaman manusia.

Sekolompok burung gagak ini biasanya selalu bertengger di taman dan hutan di wilayah pinggiran luar kota dan biasanya mereka terbang ke kota pada pagi hari, merobek plastik-plastik sampah di luar restoran, sebelum tukang sampah datang mengambilnya.

Burung gagak itu juga terkadang menyerang manusia, biasanya anak-anak kecil yang selalu membawa makanan yang menjadi target favorit mereka, dan menyebabkan pemadaman listrik ketika mereka membuat sarang di tiang listrik. Burung-burung tersebut juga disalahkan karena telah merusak beberapa jaringan kable serat optik dan membuat kereta mogok karena merusak jalur listrik. Burung-burung itu pun dilaporkan menyerang bebek yang ada di kebun binatang.

Para ahli memperkirakan sekira 150 ribu burung gagak terbang menuju Tokyo setiap harinya, tertarik karena mudahnya mendapatkan makanan karena dibuang.

Usaha pihak pemerintah kota kini mencoba untuk menghancurkan sarang-sarang dan telur-telur milik burung tersebut, pemilik restoran juga diminta untuk memasukkan sampah mereka ke dalam tong besi. Kota Mitaka di wilayah barat Tokyo kini terkena dampaknya karena jumlah burung gagak sudah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan.

http://international.okezone.com/read/2010/12/21/214/405738/214/burung-gagak-invasi-kota-kota-di-jepang

No comments:

Post a Comment