Tuesday, December 7, 2010

Harley Davidson Terlilit Hutang



Imbas krisis keuangan di Amerika Serikat yang berkecamuk pada 2008 masih menyisakan korban. Setelah General Motors dan Chrysler yang harus ditalangi pemerintah, kini giliran produsen sepeda motor besar (moge) asli Amerika Serikat (AS), Harley-Davidson (HD) minta perlakuan yang sama.

Berdasarkan berita yang dilansir situs Visordown (7/12), terdapat bocoran dokumen, permintaan suntikkan dana 2,3 miliar dollar AS (Rp 20,7 triliun) kepada bank federal karena HD terlilit hutang kepada pemasok komponen dan gaji karyawan.

Dana talangan yang diminta HD kepada pemerintah, ternyata juga dilakukan perusahaan AS lain, seperti Caterpillar Incorp. 733 juta dollar AS dan McDonald’s (203 dollar AS). Sampai berita ini diturunkan,belum ada tanggapan resmi dari HD tentang permintaan talangan tersebut.

“Warga AS akhirnya belajar sejauh mana kepentingan bantuan dari bank federal AS - bernilai triliunan dollar AS - untuk sejumlah perusahaan di Wall Street (lantai bursa) dan perusahaan Amerika lainnya, ” komentar Bernie Sanders dari I-Vermot yang menguak fakta tersebut.

http://www.surya.co.id/2010/12/08/harley-davidson-terlilit-hutang.html

No comments:

Post a Comment