Sunday, December 19, 2010

Inilah Mobil Modif 'Terekstrem' di Indonesia Selama 2010

Gambar
Setelah melalui penjurian yang ketat, mobil modifikasi Mitsubishi GLXi lansiran tahun 2000 ini akhirnya berhasil memenangkan sebuah kontes modifikasi bergengsi di tanah air. Al hasil, mobil ini pun dapat dianggap sebagai mobil terekstrem di Indonesia selama tahun 2010 ini.

Mobil ini berhasil memenangkan Champion Extreme di ajang kontes modifikasi bergengsi Clas Mild Accelera Auto Contest yang baru saja selesai berlangsung. Tidak tanggung-tanggung, sebuah Ford Fiesta terbaru pun berhak dibawa pulang sebagai hadiah kemenangan.

"Sebenarnya konsep kami untuk mobil ini adalah 'Extreme Style', jadi meski ekstrem tapi tetap enak dilihat dan gaya," ungkap Mimin dari Akasia Motor di Balai Kartini, Jakarta, Senin dini hari (20/12/2010).

Hmmm, apa ya maksud dari kata 'Extreme Style'? Mari kita bedah bersama jeroan sang juara.

Pertama kita mulai dari bagian eksteriornya. Di sisi luar, Mitsubishi GLXi ini tampil inovatif. Yang paling menonjol adalah aplikasi pintu. Sebab pintu yang terdapat di mobil ini tampak tidak lazim dengan menempatkan sistem pneumatic yang membuat pintu mobil ini membuka kesamping, lepas dari pilar A yang biasa dipakai untuk menempatkan sebuah pintu mobil.

Sebagai gantinya, pintu mobil bisa dibuka ke samping dengan menggunakan remote secara ekstrem dan terhubung oleh sebuah besi sehingga proses keluar masuk penumpang menjadi lebih mudah bila dibandingkan dengan pintu konvensional.

Sistem yang mirip dengan hidrolik ini pun juga tampak diaplikasi di kap mesin. Dimana bonnet mesin pada mobil Mitsubishi GLXi kini terbuka keatas secara vertikal.

Selain kedua bagian tadi, Akasia Motor juga membuat sendiri berbagai bagian eksterior mobil secara custom mulai dari head lamp, stop lamp, spion, grille hingga kaca yang terdapat di bagian kaca depan, belakang hingga jendela pun mereka buat sendiri.

Belum lagi sebuah GT wing model C-west, lips bumper dan diffuser yang sengaja dibuat dari bahan kevlar agar kuat dan ringan serta sebuah sunroof di bagian atapnya. Uniknya, bila diperhatikan secara seksama ternyata knalpot mobil ini bukan berada di belakang layaknya mobil pada umumnya, tapi ada di depan, di bagian bumper bawah sebelah kanan.

Melongok ke balik bonnetnya, anda dipastikan tidak akan lagi menemui mesin Mitsubishi GLXi. Sebab Akasia sudah menukarnya dengan sebuah mesin Evo 5 GSR dengan penggerak semua roda alias All Wheel Drive.

Mesin tersebut kemudian masih di upgrade dengan turbo Garret GT2860 dan ballbearing RS Dual. Wesgate turbo smart, blow off dan oil capstank Greedy, fuel press regulator Sard, air filter HKS, fuel line dan vacum hose Samco tersemat di mesinnya.

Di bagian kaki-kaki, ada satu set pelek Work Equip berukuran 18 inchi yang dibalut ban Toyo bertapak belang. Bagian depan memakai 275/35/18, sedangkan belakang memakai 295/35/18. Sedangkan untuk sistem pengereman, mobil ini dilengkapi dengan rem dari Sumitomo di bagian depan dan Brembo di bagian belakang.

Tidak selesai sampai disitu. Sebab kaki-kaki tadi juga disokong oleh Universal air suspension dua titik dengan kompresor dari Air Zenith. Karena itulah tidak heran bila offset mobil yang dilabur dengan warna jingga dengan cat Spies Hecker ini harus dirancang ulang dan dicustom dengan ukuran 11,5-13,5.

Masuk ke kabin, nuansa sporty terendus berkat dipasangkannya jok Bride Low Maxx yang berpadu dengan pedal set dan safety belt dari Sparco serta stir dari Nardi. Sementara dashboard, konsol-konsol dan plafon di kabin di buat sendiri alias custom.

Menengok ke bagian dashboard, ada berbagai indikator mulai dari indikator boost meter, water temperature hingga oil press. Aksesoris ini diambil Akasia dari merek DSD-SLM.

Di dalam kabin itu, para penumpang akan dihibur dengan atribut perangkai nada mulai dari head unit Concept yang menyalurkan dentuman bass ke 6 subwoofer, dua set speaker split dan dua set speaker coaxial.

Untuk mendukung rangkaian fitur penghasil nada itu Akasia pun mengaplikasi 2 buah power monoblock, dua buah power 4 channel dan capasitor bank. Seluruh fitur audio yang digunakan di mobil ini mengaplikasi merek Venom. Sementara dua buah TV berukuran 7 inchi tersembunyi dibalik bagasi mobil.

Dengan serangkaian modifikasi itulah, Mitsubishi GLXi pun dapat bergaya ala Extreme Style. "Dan kerja keras kami memodifikasi mobil ini terbayar sudah dengan dapat predikat Champion ini," pungkas Mimin.

http://us.oto.detik.com/read/2010/12/20/024503/1528419/642/inilah-mobil-modif-terekstrem-di-indonesia-selama-2010?o991101638

No comments:

Post a Comment