Wednesday, December 15, 2010

Mengapa Akun Pengunjung Internet Rentan Hack?



Beberapa situs milik perusahaan jaringan blogging di AS, Gawker, baru saja menghimbau pengunjungnya untuk memperbaharui password. Alasannya, pengunjung Gawker sedang menjadi target serangan hacker.

Setelah melalui penelitian yang tidak membutuhkan waktu lama, pihak Gawker, seperti dikutip melalui Telegraph, Kamis (15/12/2010), mengatakan jika meski pengguna internet dianggap sebagai orang yang melek teknologi, namun mereka justru terlalu ceroboh dalam menjaga kerahasiaan akun password sendiri.

Temuan ini muncul setelah Gawker menganalisa sekira 200 ribu password yang diduga telah dicuri. Hasil penelitian yang bekerja sama dengan perusahaan keamanan Sophos, mengungkap jika kebanyakan pengguna internet memilih password yang mudah ditebak. Umumnya mereka memilih '123456' dan kata 'password' itu sendiri.

Selain itu Sophos juga menemukan jika selain password yang mudah ditebak, para pengguna internet juga menggunakan password yang sama untuk setiap situs yang dikunjungi.

"Sekali password tersebut ditebak, dan data-data diambil secara paksa oleh hacker, maka ribuan pengguna Gawker, baik pengunjung blog teknologi Gizmodo maupun blog video game Kotaku, akan mendapati akun Twitter mereka dibajak, hanya karena penggunaan password yang sama," ujar periset dari Sophos, Graham Cluley.

Menurutnya, sekira sepertiga pengguna internet menggunakan password yang sama untuk setiap website yang dikunjungi. Hal ini sangat disayangkan Cluley. Oleh karena itu ia menganjurkan agar pengguna internet lebih memperhatikan privasi password yang digunakan dengan menggunakan pola yang berbeda untuk setiap website.

Cluley lantas menganjurkan pengguna internet untuk menggunakan software manajemen penggunaan password, seperti 1password atau LastPass untuk melacak history pengguna saat login.

Sama halnya dengan Gawker, situs game sosial RockYou dan layanan email Hotmail menyatakan jika kebanyakan password yang digunakan para penggunanya adalah '123456' dan 'iloveyou'.

http://techno.okezone.com/read/2010/12/15/55/403845/mengapa-akun-pengunjung-internet-rentan-hack

No comments:

Post a Comment