Tuesday, December 14, 2010

Naskah Shakespeare Yang Dicuri Untuk Pertama Kali Dipamerkan

william shakespeareSatu dokumen berisi karya Shakespeare yang sempat dicuri, untuk pertama kali akan dipamerkan di Universitas Durham.

Edisi pertama karya pujangga ini dicuri dari universitas Durham tahuin 1998 namun kini telah dikembalikan dan direstorasi.

Naskah ini akan menjadi pameran utama dalam pembukaan kembali Galeri Wolfson, yang baru direnovasi, pada tanggal 15 Januari.

Naskah yang bernilai £1,5 juta ini pertama kali dibeli oleh John Cosin, mantan Uskup Durham, dan dimiliki oleh perpustakaan yang didirikannya di Durham pada tahun 1669.

Naskah ini akan dipamerkan hingga bulan Maret 2011 sebagai bagian dari pameran Benda Bersejarah Universitas Durham.

Penulis Bill Bryson, Rektor Universitas Durham, mengatakan, "Satu kebahagiaan tersendiri kumpulan naskah pertama Shakespeare kembali ke Durham.

"Buku ini adalah yang paling penting dalam Bahasa Inggris dan saya tidak sabar untuk melihat warisan nasional ini kembali dipajang untuk umum."

Pada bulan Juli 2010, Raymond Scott dinyatakan tidak bersalah atas dakwaan mencuri 1623 lembar naskah, namun dinyatakan bersalah menampung barang curian dengan hukuman delapan tahun.

Scott, 53, juga dinyatakan bersalah membawa barang curian ke luar negeri.

Ketika dicuri, penjilidan serta halaman pertama dan terakhir dilepaskan untuk menyembunyikan asal muasalnya. (bbc)

No comments:

Post a Comment