Tuesday, December 21, 2010

'Indonesia Raya' Akan Dihina Suporter Malaysia


Laga final Piala AFF 2010 antara Indonesia dan Malaysia baru akan digelar pada 26 Desember mendatang. Namun, aura panas dan perang kata-kata sudah terjadi di dunia maya. Di forum online topix.com, suporter Malaysia dan Indonesia saling menebar psy war.

Topik-topik yang memancing emosi sekaligus rasa geli bermunculan di kanal Malaysia ataupun Indonesia. Di kanal Malaysia, suporter Malaysia membuat thread berisi ancaman. "Lagu kebangsaan Indon akan di HINA pada 26.12.2010," demikian judul thread tersebut. Lebih dari 600 komentar memenuhi thread tersebut.

"Kami udah rasakan bagaimana lagu kebangsaan kami dihina pada pembukaan tempo hari..kali ini indon akan merasakan bagaimana rasanya lagu indonsial raya kalian dihina secara langsung dan disaksikan oleh jutaan rakyat kalian. tunggu ya..kehkehkehkehkehkeh," tulis seorang forumer yang menggunakan identitas Mr F.

"@Mr F: silakan saja kaum malon(sith) toh.. kami rakyat INDONESIA juga akan melakukan hal yang sama ke kalian tanggal 29.. hehe..," balas forumer lain bernama Jedi.

Sementara di kanal Indonesia, seseorang bernama Haikal membuka thread "Irfan bachdim asli malaysia". Ia menulis posting pertama pada 7 Desember. "Saya orang Indonesia. Dan saya mengaku jikalau Irfan Bachdim sebenarnya orang Malaysia. Dia pernah mohon jadi warga negara Malaysia. Namun ditolak mentah2 sama Malaysia," tulis dia.

Posting-an awal ini disambut aneka nada sewot. Ada 1.203 komentar dalam thread ini. Seorang forumer bernama Dodi menulis, "Wew, mw maling kebangsaannya IRFAN? kenapa ga sekalian klaim kemenangan INDONESIA atas malaysial?"

Ada pula seorang forumer yang menggunakan identitas Christiano Ronaldo menulis, "Kenapa malon ga ambil christiano ronaldo jadi warga negara malon....?"

Di tengah ramainya perseteruan, seorang forumer beridentitas Irfan Bachdim Asli menyeruak, "Perkenalkan, saya Irfan harrys bachdim. Saya tahu forum ini dari rekan saya. saya sangat sedih melihat forum ini, especially this thread. saya umumkan bahwa saya warga negara INDONESIA asli dan tidak ada sedikit pun keluarga Malaysia. ini hanyalah sepak bola, jangan terlalu berlebihan menyikapinya. best regards. irfanbachdim10."

Thread lain juga seru. Di kanal Malaysia, ada seruan kepada suporter Malaysia untuk mengenakan batik saat menyaksikan pertandingan leg pertama. "Indon pakai batik, Malaysia akan pakai batik juga!!!" demikian thread tersebut.

Diskusi dibuka dengan posting-an Khairul, "Mari kita bandingkan mana yang lebih cantik." Mengenai respons atas posting-an ini bisa Anda terkalah.

http://bola.kompas.com/read/2010/12/21/16002488/Suporter.Malaysia.Akan.Hina.Indonesia.Raya-5

No comments:

Post a Comment