Sunday, December 5, 2010

WoW, Kendaraan Lapis Baja Bisa Jadi Heli

Kendaraan lapis baja bisa berubah jadi helikopter? Kedengarannya hanya bisa terwujud dalam mainan anak-anak. 

Tapi ternyata tidak. Hal yang kedengaran tidak mungkin itu akan segera terwujud beberapa tahun mendatang. Kendaraan lapis baja yang bisa berubah menjadi helikopter akan melengkapi fasilitas para tentara yang ada di garis depan di Afganistan. 



Untuk mewujudkannya, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) di Pentagon telah meluncurkan program senilai 41 juta pounds untuk mengembangkan program kendaraan lapis baja terbang yang nantinya bisa mengangkut empat orang personil. 



Kendaraan serupa Humvee itu nantinya akan menggunakan bahan komposit yang bisa melindungi tentara dari tembakan, ledakan IED dan misil. Direncanakan, kendaraan bisa menempuh jarak sekitar 280 mil, baik di darat maupun di laut. 




Selain itu, proses pendaratan dan lepas landas juga bisa dilakukan secara vertikal, seperti pesawat jet Harrier. Keuntungannya, dengan cara tersebut kendaraan perang ini bisa memperluas aksesnya di berbagai macam daerah.

Yang menakjubkan, tak perlu seseorang yang berpengalaman dalam menerbangkan pesawat untuk mengendarai kendaraan ini ketika berubah menjadi helikopter. Kendaraan ini sudah dilengkapi dengan kontrol terbang otomatis

Kendaraan ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai senjata untuk menyerang dan bertahan. Sementara, laju kendaraan perang ini bisa mencapai 65 mph di darat dan terbang dengan kecepatan hingga lebih dari 150 mph. 

Juru biacara DARPA mengatakan, "Kami berusaha menggabungkan keunggulan panser dan helikopter, mewujudkannya menjadi satu kendaraan perang dengan fleksibilitas dalam geraknya. Dengan teknologi ini, transportasi menjadi tak terbatas."

Terrafugia, sebuah perusahaan yang memproduksi mobil terbang komersial telah setuju untuk membuat prototipe dari "mobil baja" terbang ini. Prototipe kendaraan ini akan siap pada tahun 2015. 

Rencananya, kendaraan lapis baja terbang akan dinamai Transformer atau TX, berfungsi membantu tentara untuk menghindari serangan yang mematikan, mengevakuasi tentara yang terluka dan melarikan diri lebih cepat. Perubahan dari mobil baja ke helikopter direncanakan hanya dengan satu sentuhan pada tombol khusus.


http://sains.kompas.com/read/2010/12/05/16494097/Klik..Kendaraan.Lapis.Baja.Jadi.Heli-8

No comments:

Post a Comment