Friday, July 1, 2011

Mengapa Setiap Batuk Mengeluarkan Darah Segar?

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Mengapa Setiap Batuk Mengeluarkan Darah Segar?


Pernah mengalami batuk hingga mengeluarkan darah? Apa penyebabnya?
Koordinator Rawat Inap, Kedaton Medical Center (KMC) dr Novan Harun menjelaskan, batuk darah  dan muntah darah  adalah dua hal yang tentu saja berbeda, baik sumber perdarahannya, maupun penyakit yang mendasari terjadi batuk ataupun muntah darah tersebut. Batuk darah artinya adanya pengeluaran darah yang berasal dari saluran pernafasan.
Batuk darah adalah ekspetorasi darah akibat perdarahan pada saluran nafas di bawah laring atau perdarahan yang keluar ke saluran napas di bawah laring. Batuk darah merupakan tanda atau gejala dari penyakit dasar. Maka penyebabnya harus segera ditemukan dengan pemeriksaan yang seksama.
Berbeda dengan muntah darah, batuk darah akan keluar bersama riak. Darah yang berasal dari saluran pernafasan biasanya cenderung lebih segar, karena darah dari saluran pencernaan (alias muntah darah) biasanya akan terkontaminasi dengan asam lambung sehingga menjadi lebih gelap.
Penyebab batuk darah atau (hemoptisis) adalah antara lain  karena Infeksi. Ini biasanya batuk ini karena TBC, bronkiektasis, pneumonia, abses paru, aspergillosis
Bisa juga batuk darah akibat dari tumor yang berrarti terjadi karsinoma paru
 Darah yang berasal dari muntah darah adalah dari saluran pencernaan. Seperti muntah pada umumnya, muntah darah didahului oleh adanya aliran balik dari pergerakan saluran pencernaan dan dapat diikuti oleh mual. Darah yang keluar dapat tercampur oleh sisa makanan lain. Warna darah bisa merah segar atau kehitaman.
Sedangkan untuk batuk darah berbeda. Darah berasal dari saluran pernapasan. Warna darah merah segar dan tampak bercampur dengan lendir dan tampak berbusa karena adanya gelembung - gelembung udara.



Sumber

No comments:

Post a Comment