Wednesday, July 27, 2011

Wajah Duka Dari Afrika, Derita Bayi 7 Bulan di Somalia


Kenya, Seruu.com - Mihag Gedi Farah adalah seorang bayi yang baru berusia 7 bulan, namun berat Mihag hanya lebih sedikit dari bayi yang baru lahir dengan kondisi kulit yang keriput seperti orang tua. Ibunya berhasil membawanya ke rumah sakit lapangan di sebuah kamp pengungsi Kenya setelah pengembaraan selama seminggu, tapi mata sedih bayi, pipi cekung dan tungkai yang rapuh menunjukkan betapa parah kelaparan telah menyelimuti Somalia.

Para pejabat memperingatkan bahwa 800.000 anak-anak bisa mati di Somalia, dan pekerja bantuan bergegas untuk membawa bantuan ke daerah yang berbahaya yang sebelumnya tidak pernah menjangkau wilayah yang dilanda kekeringan di Somalia.

Wajah cekung Mihag yang membawa urgensi baru untuk upaya mereka dan menimbulkan kekhawatiran tentang berapa banyak anak-anak seperti dia tetap di Somalia, jauh dari selang makanan dan dokter di kamp pengungsi Kenya. Kulitnya yang rapuh dan tipis tampak di bawah tekanan tangan ibunya.

Sirat Amin, ahli gizi perawat dengan Komite Penyelamatan Internasional, menempatkan peluang anak kecil bertahan hidup di hanya 50-50. Mihag beratnya hanya 7 pound, 8 ons (3,4 kilogram) ketika anak laki-laki seusianya harusnya sudah berbobot tiga kali lipat. "Kami tidak pernah memberi tahu ibunya tentang hal ini, tentu saja tidak mungkin," kata perawat. "Kami mencoba memberikan mereka harapan."

Mihag adalah bungsu dari tujuh anak-anak di keluarganya. Ibunya membawanya bersama empat saudara-saudaranya dalam perjalanan dari Kismayo ke utara Kenya setelah semua domba dan ternak mereka mati karena kekeringan.

Seperti warga Somalia lainnya, puluhan ribu orang melarikan diri dari kelaparan Somalia, keluarga bepergian dengan berjalan kaki, atau jika beruntung dengan menumpang truk yang lewat, mobil atau bus.

Ibunya, Asiah Dagane, yang diperkirakan berusia di pertengahan 30-an. Tampak duduk di samping tempat tidur bayinya dengan sedikit mengatakan: ".. Dalam pikiran saya, tidak baik jika bayi saya sakit, karena jika melihat (Mihag) kepala saya juga sakit," katanya lembut.

PBB memperkirakan bahwa lebih 11 juta orang di Afrika Timur dilanda oleh kekeringan, dengan 3,7 juta di antaranya yang paling parah berada di Somalia karena perang sipil yang sedang berlangsung di negeri ini.

Kekeringan berkepanjangan Somalia memicu kelaparan besar dimasyarakat karena baik pemerintah Somalia atau lembaga bantuan banyak yang tidak dapat sepenuhnya beroperasi di kawasan yang dikendalikan oleh militan yang terafiliasi dengan al-Qaida.

Organisasi bantuan termasuk Program Pangan Dunia PBB belum mampu mengakses area di bawah kendali militan al-Shabab, yang telah membunuh para pekerja kemanusiaan. PBB mengatakan akan mengangkut ransum darurat akhir pekan ini dalam upaya untuk mencoba dan mencapai setidaknya 175.000 dari 2,2 juta warga Somalia yang belum menerima bantuan.

Upaya pemberian bantuan pangan di empat kabupaten di Somalia selatan di dekat perbatasan dengan Kenya dan Ethiopia sudah dimulai pada hari Kamis, memperlambat aliran puluhan ribu orang yang telah meninggalkan rumah mereka dengan harapan mencapai bantuan.

Namun WFP tidak beroperasi di sana selama lebih dari dua tahun, dan harus menemukan dan mempekerjakan kembali mantan karyawan untuk membantu distribusi. Transportasi juga merupakan kendala substansial, seperti ranjau darat telah memutuskan jalan kunci dan landasan pesawat telah banyak yang rusak.

Sumbangan juga sangat dibutuhkan untuk mempertahankan upaya bantuan di Tanduk Afrika: PBB ingin mengumpulkan $ 1,6 miliar dalam 12 bulan ke depan, dengan target akumulasi $ 300 juta yang datang dalam tiga bulan ke depan. Pada hari Rabu, Pangan dan Pertanian PBB mengatakan sebuah konferensi koordinasi dijadwalkan akan diselenggarakan di ibukota Kenya. Somalia, negeri yang dihuni mayoritas muslim ini, terpenjara dalam duka menjelang hadirnya bulan suci, Ramadhan. [.seruu.com]

Jangan lupa di like...
Follow Juga Ya....

No comments:

Post a Comment