Thursday, December 22, 2011

5 Boyband Dunia yang Terlupakan


Demam boyband kembali bergema setelah munculnya beberapa boyband asal Korea Selatan seperti Super Junior, Big Bang, Shinhwa, SHINee, 2 PM, dan 2AM. Mereka tak hanya terkenal di kawasan Asia, tetapi juga nyaris di seluruh dunia.

Sebelum boyband-boyband asal Negeri Ginseng itu hadir mewarnai musik dunia, boyband asal Amerika Serikat dan juga beberapa negara Eropa lebih dulu muncul dan mewarnai industri musik dunia. Sebut saja seperti New Kids On The Block, Backstreet Boys, Take That, Boyzone, dan juga N'Sync.
Namun, saat ini nama mereka seolah-olah 'menghilang' bak ditelan bumi. Memang, masih ada beberapa yang aktif, tapi gaungnya sudah tidak seperti dulu. Lantas, ke mana kah boyband-boyband yang pernah berjaya tersebut?

1. Backstreet Boys 
Backstreet Boys
Backstreet Boys sangat terkenal di era 1990 dan 2000-an. Mereka bukan hanya populer di kalangan remaja saat itu, tetapi juga sudah menjadi ikon. Boyband asal Amerika Serikat ini dibentuk pada 1993. Backstreet Boys terdiri atas lima anggota, Nick Carter, AJ McLean, Kevin Richardson, Howie Dorough, dan Brian Littrell.

Backstreet Boys mulai populer sejak debut album perdana mereka pada 1996. Kemudian disusul dengan album 'Millenium' dan 'Black & Blue'. Kelima pria yang mendadak jadi idola itu benar-benar berada pada masa keemasannya. Mereka menjadi terkenal dan memiliki penggemar fanatik. Setiap konser Backstreet Boys selalu dipenuhi penggemar.

Selama mereka tampil di atas panggung lewat lagu dan tarian yang diperlihatkan, membuat penggemar berteriak histeris.

Namun, pada 2006, boyband ini ditinggalkan salah satu personelnya. Kevin hengkang dan Backstreet Boys, sehingga hanya tinggal berempat. Backstreet Boys sempat menghilang dari hingar bingarnya musik dunia.

Namun, awal tahun ini, Backstreet Boys kembali menggebrak dengan melanjutkan konser musik mereka. Namun, mereka tak sendiri. Backstreet menggandeng boyband senior, New Kids On The Block yang popularitasnya juga sudah meredup. Kembalinya dua boyband besar ini mendapat sambutan yang luar biasa dari penggemar mereka.

2. N'Sync
Selain Backstreet Boys, AS juga punya boyband top lainnya seperti N'Sync. Popularitas mereka tak kalah dengan Backstreet Boys. Album kedua N'Sync yang bertajuk 'No String Attached' terjual lebih dari satu juta kopi dalam sehari.

N'Sync terdiri atas lima personel. Mereka adalah JC Chasez, Justin Timberlake, Lance Bass, Joey Fatone, dan Chris Kirkpatrick. N'Sync diperkenalkan pertama kali di Jerman. Kemudian pada 1996 mereka menggebrak panggung musik dengan single mereka berjudul 'I Want You Back'. Kemudian, album mereka berhasil meraih sukses hanya dalam waktu semalam di sebagian besar negara di Eropa.

Mereka benar-benar menguasai musik dunia. Berbagai konser musik yang menampilkan kelima pria ini pasti laris manis dan dipenuhi penonton. Sayangnya, popularitas itu tidak berlangsung lama. Pada 2002, N'Sync mengumumkan untuk istirahat sementara dari dunia musik.
Tetapi, pada 2007, salah satu personel N'Sync, Lance menyatakan kelompok musik itu sudah pasti bubar. Situs N'Sync ditutup pada 2006. Namun, kembali dirilis tahun lalu.

Sementara itu, para personel N'Sync mulai sibuk dengan kegiatan masing-masing. Yang paling terdengar gaungnya hanya Justin Timberlake yang lebih sering tampil sebagai aktor dalam beberapa film. Sementara itu, JC sibuk menjadi juri di acara 'Best Dance Crew', Lance baru saja merilis buku otobiografi. Sementara itu, Joey menjadi host di acara 'The Singing Bee' dan Chris tampil di acara anak-anak untuk mengisi suara.

3. 98 Degrees
98 Degrees
98 Degrees terdiri atas empat personel yakni, Nick Lachey, Drew Lachey, Jeff Timmons, dan Justin Jeffree. Jika boyband lain dipengaruhi musik pop. 98 Degrees mencoba tampil beda. Mereka memilih untuk membawa pengaruh musik R & B dalam lagu-lagu mereka.

Memang, mereka tidak langsung meraih keberhasilan dengan musik yang mereka usung. Tetapi, keempat pemuda asal Amerika Serikat itu tidak patah semangat. Mereka berhasil menerobos lewat album 'Rising' yang berhasil meraih empat platinum. Lagu mereka yang terkenal di antaranya adalah 'Because of You'.

Pada 2002, kelompok ini merilis album kompilasi dengan single 'Why (Are We Still Friends). Album ini dibuat sebelum mereka memutuskan untuk cuti sementara dari dunia musik dan mencari pengalaman serta ambisi lain.

Setelah berpisah dari 98 Degrees, Nick memutuskan untuk merilis album solo. Langkah Nick diikuti dengan personel lainnya. Tetapi, bersolo karier tidak membuat nama mereka kembali bersinar. Karier musik mereka meredup.

4. Take That

Take That adalah boyband asal Inggris yang terdiri atas lima personel. Mereka adalah Gary Barlow, Howard Donald, Jason Orange, Mark Owen, dan Robbie Williams. Barlow memiliki peranan penting dalam boyband ini. Ia tak hanya menyanyi tetapi juga membuat lagu.

Lagu-lagu Take That yang mengusung musik pop dan balada serta sedikit sendu mendominasi tangga lagu di Inggris pada 1990-an. Mereka juga memiliki prestasi yang membanggakan di ajang Brit Awards.

Sama dengan boyband lainnya, Take That juga ditinggalkan personelnya. Robbie Williams meninggalkan Take That pada 1995. Namun, empat anggota lainnya tetap menjalani konser dunia mereka sebelum akhirnya berpisah pada 1996.

Pada 2005, keempat personel Take That menjalani syuting film dokumenter. Dari situ mereka sepakat untuk membuat tur reuni pada 2006 di Inggris. Konser itu bertajuk 'The Ultimate Tour'. Pada 2006, mereka mengumumkan untuk membuat album bersama lagi. Dan Robbie kembali ke Take That pada 2010 dan ikut dalam pembuatan album keenam mereka.

5. New Kids On The Block
New Kids On The Block
New Kids On The Block sangat populer di zamannya. Kelima pemuda asal Amerika Serikat ini berhasil menguasai musik dunia nyaris dua dekade. NKOTB memulai karier musiknya pada 1984. Mereka terdiri atas Jordan dan Jonathan Knight, Joey McIntyre, Donnie Wahlberg, dan Danny Wood.

Mereka menikmati kesuksesan di kancah musik dunia di era 80 sampai 90-an. Selama berkarier di dunia musik, mereka juga mengantongi beberapa penghargaan bergengsi dalam ajang American Music Awards.

NKOTB bubar pada 1994. Para anggotanya memutuskan untuk bersolo karier. Mereka berlima berusaha untuk kembali bersama. Sayang, tidak mudah untuk mewujudkan hal tersebut.
Mereka tak putus asa. NKOTB berusaha untuk kembali membangun karier musik mereka. Usaha keras NKOTB tak sia-sia. Mereka berhasil merekam album pada 2007. Setelah itu, NKOTB memulai konser tur musiknya bersama Backstreet Boys.
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment

Post a Comment