Friday, November 12, 2010

Harga Sapi Merapi Versi Menteri



Pemerintah segera membeli sapi warga lereng Merapi dengan harga yang wajar. Harga pembelian sapi sudah ditentukan berdasarkan beberapa kategori.

Menteri Pertanian Suswono, Sabtu (13/11/2010), mengatakan, pembelian sapi akan dilakukan segera setelah pendataan selesai.

Pemerintah bersedia membeli anak sapi seharga Rp 5 juta, sapi betina muda Rp 7 juta, sapi betina siap kawin Rp 9 juta, dan sapi menyusui Rp 10 juta. Adapun sapi jantan dewasa dibeli sesuai bobot dengan harga Rp 22.000 per kilogram, dan sapi betina dewasa Rp 20.000 per kilogram.

“Dengan pembelian sapi ini diharapkan pedagang tidak memanfaatkan situasi dengan membeli sapi dengan harga sangat rendah,” kata Suswono.

Sebelumnya diberitakan, nasib sebagian pengungsi korban letusan Merapi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bak sudah jatuh tertimpa tangga. Saat ini, para pedagang dan tengkulak sapi menghantui para pengungsi yang masih meninggalkan sapinya di rumah, dengan penawaran harga sangat murah, hanya Rp 350.000 sampai Rp 700.000 per ekor. Mereka berdalih sapi-sapi itu menghisap banyak debu vulkanik sehingga tidak sehat.

“Tengkulak sapi itu seenaknya saja menawar sapi milik warga yang berada di pengungsian. Mereka membujuk warga yang memiliki ternak karena tahu warga sudah mulai kekurangan uang,” keluh Suroso, kepala Desa Sidorejo, Klaten, Jumat (12/11/2010) di Klaten. surya

No comments:

Post a Comment