Friday, November 12, 2010

Resep Si Seksi Marilyn Monroe

VIVAnews - Mendengar nama Marilyn Monroe yang terbayang pastilah seorang artis cantik nan seksi ' bom seks' yang konon jadi selingkuhan Presiden Amerika Serikat, John F Kennedy.

Kematiannya yang misterius pada Agustus 1962 makin melengkapi kisah hidupnya yang dramatis.

Namun, tahukah Anda, Marilyn Monroe ternyata piawai memasak. Ia punya resep isian rahasia yang lezat.

Resep Monroe terdiri atas 11 bahan dasar, ditambah beberapa herbal dan rempah-rempah. Tak lupa, juga dilengkapi instruksi cara memasaknya.

Tulisan resep tersebut ditemukan di atas selembar kertas dari perusahaan asuransi. Mungkin saat itu, Monroe tergesa-gesa menuliskannya di kertas apapun yang bisa ia temukan.

Resep Monroe dimulai dengan kata pengingat: tak boleh ada bawang. Lalu di bawahnya, ada cara-cara menyiapkannya.

Pertama, rendam roti Prancis (French bread) dan keluarkan isinya. Lalu campuran oregano, thyme, daun salam, seledri, walnuts, chestnuts, keju parmesan, dan sesuatu yang dituliskan sebagai cincangan 'parsaly'.

Resep itu diyakini ditulis Monroe saat ia tinggal di New York pada pertengahan 1950-an, tak lama setelah perkawinannya dengan bintang baseball, Joe DiMaggio berakhir. Mantan suaminya itu diketahui tak suka bawang tercampur dalam makanannya.

Adalah penulis buku masak asal Amerika Serikat, Matt Lee dan saudaranya Ted yang berusaha menghidupkan kembali resep Monroe.

Kata mereka, hasil masakan atas petunjuk resep ini memiliki keseimbangan dari 'kerewelan' dan fleksibilitas. Ini merupakan ciri khas dari ahli masak yang berpengalaman dan percaya diri.

Meski tampak sederhana, resep ini tidaklah gampang. Butuh waktu lebih dari dua jam untuk mempersiapkannya.

Tapi hasilnya, sungguh 'maknyuss'. "Ini isian paling ciamik yang pernah kami temui," kata mereka.

Hobi masak Monroe terbukti dari peralatan masak yang ia miliki. Satu dekade lalu, panci dan wajahnya laku US$25 ribu dalam sebuah lelang. Sementara itu, salinan 'The Joy of Cooking' miliknya terjual US$30 ribu. (art)

(Telegraph)
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment