Wednesday, November 17, 2010

Tentara AS Diminta Hati-hati Pakai Facebook

foto
TEMPO Interaktif, Situs jejaring sosial Facebook bukan hanya bisa menjaring teman tapi juga musuh. Angkatan Udara Amerika Serikat memperingatkan para serdadunya untuk berhati-hati menggunakan Facebook.

Sebab, secara tidak sengaja musuh bisa mengetahui lokasi tempat para tentara itu mengakses Facebook. Peringatan penggunaan Facebook ini diposting di sebuah situs internal dan dikirim ke para komandan.

Para pimpinan Angkatan Udara AS sangat khawatir, teknologi baru memungkinkan pengguna untuk menentukan lokasi mereka di peta. Peringatan itu juga menyebutkan penggunakan ceroboh bisa "menghancurkan sebuah operasi dan berimplikasi terhadap kehidupan pribadi."

Pejabat Angkatan Udara juga khawatir bahwa tentara yang menggunakan BlackBerry dan perangkat lain dengan kemampuan GPS bisa mengungkapkan lokasi mereka. Layanan jejaring sosial yang dimasud adalah layanan fitur geo-lokasi yang dimiliki Facebook, Foursquare dan twitter. Menurut para pejabat Angkatan Udara itu, musuh bisa menemukan lokasi mereka.

Sebenarnya sebagian besar situs tersebut, para pengguna dapat menyesuaikan pengaturan privasi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur geo-lokasi.

Selain Angkatan Udara, Angkatan Darat AS juga mengirim peringatan serupa kepada tentaranya. Amerika Serikat saat ini memiliki sekitar 95.000 tentara di Afghanistan dan 50.000 serdadu di Irak.

No comments:

Post a Comment