Friday, July 29, 2011

Inilah Gua Terbesar di Dunia

Gua Hang Son Doong
Menemukan gua di dalam hutan, itu biasa. Tapi di Vietnam, ada gua yang di dalamnya ada hutan belantara.
Gua ini bernama Hang Son Doong dan dinobatkan menjadi gua terbesar di dunia. Menurut tim National Geographic yang melakukan ekspedisi ke gua itu, di dalam gua tersebut terdapat hutan yang sangat luas dan langit-langit gua sangat tinggi sehingga bisa membangun gedung pencakar langit sampai 40 lantai di dalamnya.
Gua Hang Son Doong sebenarnya sudah ditemukan sejak tahun 1991, namun baru kali ini para ilmuwan benar-benar melakukan penelitian mendalam di sana.
Hutan di dalam gua yang dijuluki “Garden of Edam” ini terbentuk dari runtuhan langit-langit gua yang memungkinkan masuknya cahaya dan menjadi tempat tumbuhnya berbagai jenis lumut dan tanaman perdu.
Gua Hang Son Doong yang artinya gua sungai pegunungan, ditemukan pertama kali oleh penjaga hutan bernama Ho Khanh. Belum pernah ada yang menelusuri gua ini karena besarnya tekanan angin dan ada sungai bawah tanah yang sangat besar. Sebagian penjelajah bahkan menyebut gua ini adalah gua tak berujung. (tempointeraktif)
Son Doong, gua terbesar di dunia
Foto : tempointeraktif, pikiran-rakyat, vivanews

No comments:

Post a Comment