Sunday, December 26, 2010

Julian Assange Teken Penulisan Otobiografinya Senilai Rp 13,5 M

Pendiri situs WikiLeaks Julian Assange menandatangani kesepakatan tentang penulisan otobiografinya senilai lebih dari US$ 1,5 juta atau setara dengan Rp 13,5 miliar. Uang itu akan dia pakai untuk melepaskan diri dari tuduhan pelecehan seksual yang dilakukannya.

"Saya saya tidak ingin menulis buku, tapi saya harus," kata Assange dalam sebuah wawancara dengan koran Sunday Times seperti dikutip AFP, Minggu (26/12/2010).

The Australian mengatakan, Assange akan menerima uang yang ekuivalen dengan Rp 7,2 miliar dari Alfred A Knopf sebagai pencetak bukunya. Lalu dari kesepakatan dengan Canongate di Inggris sebesar Rp 4,5 miliar.

Ditambah uang dari pemasar bukunya yang lain, Assange mengatakan, total yang akan dia dapatkan berjumlah lebih dari Rp 13,5 miliar.

Seperti diketahui, WikiLeaks adalah situs whistleblower pembocor puluhan ribu kabel diplomatik rahasia Amerika Serikat (AS) di seluruh dunia. Wahington meradang dengan aksi WikiLeaks ini.

Perusahaan kartu kredit Visa dan MasterCard dan pembayaran internet PayPal telah memblokir dana untuk WikiLeaks. Lalu, Bank of America, bank terbesar di AS, juga telah menghentikan semua transaksi untuk WikiLeaks.

Asssange, pria berkebangsaan Australia itu sendiri baru saja dibebaskan dengan jaminan, beberapa waktu lalu dari penjara Inggris. Ia berupaya keras agar tidak diekstradiri ke Swedia atas tuduhan pelecehan seksual terhadap 2 wanita.

http://www.detiknews.com/read/2010/12/27/040430/1533032/10/assange-teken-penulisan-otobiografinya-senilai-rp-135-m

No comments:

Post a Comment