Monday, December 6, 2010

Bunuh 4.000 Orang Kok Cuma Dibui 8 Tahun


Mantan komandan militer di Kolombia yang dikenal dengan "Iguana" yang memerintahkan pembunuhan lebih dari empat ribu jiwa, dihukum selama delapan tahun penjara melalui program amnesti.

Jorge Ivan Laverde mengakui telah membunuh secara langsung ratusan orang dan memerintahkan pembunuhan terhadap empat ribu jiwa saat menjadi komandan pasukan Milisi AUC sayap kanan, yang dibubarkan pada tahun 2003.

Pengadilan Kolombia sebelumnya menjatuhkan hukuman selama 4 tahun penjara setelah menemukan bahwa pria tersebut bersalah atas pembunuhan, penganiayaan, tindakan terorisme, dan perpindahan penduduk.

Tapi akhirnya hukuman tersebut diubah menjadi delapan tahun, hukuman maksimal yang diperkenankan di bawah proses undang-undang "Keadilan dan Keamanan" yang bertujuan menyembuhkan luka pascaperang.

Kelompok militer sayap kanan dibentuk pada tahun 1980 dan selama beberapa tahun menguasai beberapa wilayah, pura-pura untuk melindungi pemilik tanah dari para gerilyawan sayap kiri.

Sekira 30 ribu milisi dinon-aktifkan ketika kelompok tersebut dibubarkan pada tahun 2003, demikian kutip Heraldsun, Senin (6/12/2010). Tapi sekira sembilan ribu orang diperkirakan telah mengambil senjata, banyak dari mereka yang terlibat penjualan obat terlarang.

http://international.okezone.com/read/2010/12/06/214/400609/214/bunuh-4-000-orang-kok-cuma-dibui-8-tahun

No comments:

Post a Comment