Monday, January 2, 2012

10 Mobil Pilihan Orang Kaya di Dunia



Harga banderol selangit tampaknya bukan masalah bagi setiap orang kaya yang ada dunia, untuk bisa mendapatkan kendaraan supermewah. Mobil bagi mereka bukan lagi sebagai kebutuhan, melainkan cara untuk menaikkan status sosialnya.

Di awal tahun 2012, Majalah Forbes merilis daftar mobil yang paling banyak digunakan oleh para jutawan di dunia. Mulai dari tipe sedan, SUV (Sport Utility Vehicle) dan MPV (Multi Purpose Vehicle).

Berikut daftar 10 mobil yang paling sering digunakan oleh orang kaya di dunia:

1. Mercedes Benz E350 Bluetec
Mobil buatan Jerman ini menghadirkan kemewahan dari segi eksterior dan interior. Tidak hanya itu, Mercedes Benz E350 juga didukung fitur keamanan kelas wahid.

Desain head lamp dan fog lamp yang trendy, ditambah lampu LED. Membuat mobil sedan ini terlihat lebih mewah dan modis. Grill krom mempermanis di bagian depan dan sunroof di bagian atap menambah kesan fashionable.
Jok-nya dibalut dengan bahan kulit Ash yang berkualitas tinggi. Motif kayu pada bagian dasboard serta di beberapa bagian lainnya, seperti side door dan konsol tengah menambah kesan mewah.

Mercy E350 mengusung mesin V6 baru berkapasitas 3,5 liter. Tenaga yang dihasilkan dapur pacu ini mencapai 292 hp dengan torsi maksimum 365 Nm yang didapat pada 3.000-5.100 rpm.

Untuk konsumsi bahan bakar, Mercy E350 hanya memerlukan sekitar 8.7 liter/100km dan tetap memberikan kemampuan akselerasi dari diam ke 100 km/jam dalam 6.8 detik. Adapu untuk kecepatan maksimalnya 250 km/jam.

2. Lexus RX 350
Tidak hanya mewah, mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) ini juga menyuguhkan beberapa fitur canggih. Konsep yang diusung All New Lexus RX 350 adalah desain L-Finesse. Dimensi kabinnya lebih besar dan menciptakan ruang yang lebih lega.

Crossover supermewah ini mengusung teknologi VDIM atau Vehicle Dynamics Integrated Management untuk mengantisipasi kehilangan pengendalian pada berbagai situasi. VDIM menggabungkan ABS (antilock braking system) dengan brake assist, vehicle stability control (VSC) dan traction control (Trac). Juga ada fitur hill-start assist control untuk mencegah kendaraan mundur saat melaju di tanjakan dengan memanfaatkan tekanan rem.

Lexus RX 350 mengandalkan mesin 3,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 277 ps pada 6.200 rpm dan torsi maksimum 35,5 kgm pada 4.700 rpm. Mobil ini memiliki bobot 2.085 kg.

3. BMW Seri 5
BMW seri 5 terbaru menyuguhkan tiga mesin bensin enam silinder yang dapat dipilih. Mesin-mesin yang dibenamkan di balik seri 5 terbaru diklaim memiliki tenaga yang lebih besar tapi dengan emisi gas buang yang lebih ramah pada lingkungan.

Fitur keamanan yang telah memenangkan bintang lima dalam uji tabrak ditopang oleh airbag di bagian depan, samping dan kepala serta sederet sistem stabilitas canggih dan Dynamic Brake Lights yang berpijar saat terjadinya pengereman mendadak.

Inovasi-inovasi terbaru juga dihadirkan lewat teknologi Efficient Dynamics yang mencakup Brake Energy Regeneration, kemudi elektromekanik dan low rolling-resistance tires.

4. BMW Seri 3
BMW Seri 3 terbaru yang diklaim lebih efisien bahan bakar ini akan diluncurkan dengan pilihan dua mesin bensin dan dua mesin diesel EfficientDynamics. Dan rencananya BMW  juga akan meluncurkan Seri 3 bermesin hybrid dan sistem penggerak four-wheel-drive.

Pada varian mesin bensin 328i, BMW menawarkan tipe 2.0 liter BMW TwinPower Turbo bertenaga 245 dk dan torsi 350 Nm. Sedangkan versi 335i, BMW melengkapi dengan mesin 6-silinder N55 singleturbo 3.0 liter, berdaya 300 dk.

Selanjutnya pada varian dieselnya, BMW melengkapi keduanya dengan mesin 2.0 liter diesel. Bedanya, varian standar mampu menghasilkan tenaga sebesar 184 dk dengan emisi CO2, 117 g/km. Sedangkan versi EfficientDynamics hanya menghasilkan 163 dk namun hanya menghasilkan emisi sebesar 109 g/km.

Sedan kompak di keluarga BMW ini juga lebih lapang dibanding generasi sebelumnya, namun memiliki bobot yang lebih ringan dan lebih nyaman dikendarai.

5. Honda CR-V
Generasi terbaru mobil ini, CR-V 2012, memiliki perubahan dari segi grill depan dan bumper depan yang jauh lebih elegan. Lampu depan serta belakang juga berubah sehingga memberikan kesan yang dinamis. Namun, dari sisi kiri dan kanan, CR-V 2012 ini tetap sama dengan generasi sebelumnya.

Perubahan juga dilakukan pada bahan baru di seluruh bagian kabin yang dikombinasikan dengan bentuk dan warna dashboard. Namun secara keseluruhan, fungsi dari fitur terbaru ini tetap sama dengan yang sebelumnya.

Mengenai dapur pacu, perubahan tidak banyak dilakukan, CR-V 2012 tetap dibekali mesin bensin 2.4-liter, empat silinder. Namun, mesin tersebut akan dikawinkan dengan transmisi baru yang mendapat ubahan untuk meningkatkan efesiensi bahan bakar.
6. Honda Accord

Honda Accord 2012 facelift akan hadir dengan beberapa sentuhan baru pada eksterior dan interior. Honda memang menginginkan sedan pesaing Toyota Camry ini menjadi lebih senyap. Penyempurnaan dilakukan dengan menambah material isolasi untuk memperbaiki peredamaan di kap dan atap.

Ketebalan kaca belakang juga ditingkatkan menjadi 0,9 mm yang membantu mereduksi suara. Sedangkan suspensi mendapat penyempurnaan, disesuaikan kondisi jalan untuk mendapatkan pengendaraan yang lebih baik. Accord 2012 beramunisi mesin 2,0-liter, yang mampu diajak berlari hingga 215 km/jam. Dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 9,3 detik.

7. Honda Odyssey
MPV premium besutan Honda ini memang dikenal memiliki keunggulan dalam hal kenyamanan kabin, khususnya untuk tingkat kesenyapan serta unsur hiburan yang dapat memanjakan kebutuhan para penggunanya.

Tidak hanya berdasarkan kesenyapan, faktor fasilitas head unitserta kualitas sistem tata suara, juga menjadi nilai tambah Odyseey. Dapur pacu Odyssey mengandalkan mesin bensin 3,5 liter i-VTEC V6, yang diklaim ekonomis. Untuk jalanan di kota, Honda Odyssey hanya membutuhkan 8 km/liter bensin di dalam kota dan jalan bebas hambatan 11,1 km/liter.

Honda Odyssey juga mempunyai fitur keselamatan aktif seperti fitur ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution) berfungsi mendistribusikan daya pengereman sesuai dengan beban kendaraan, dan BA (Brake Assist) membantu pengereman agar lebih efektif. Odyssey berhasil meraih predikat tertinggi untuk tingkat keselamatan dalam Top Safety Pick 2011.

8. Toyota Prius
Toyota Prius kembali jadi model paling laris di Jepang selama November 2011, sekaligus mempertahankan posisinya sebagai mobil terlaris di Jepang untuk 2010 dan 2011.

Berdasarkan data yang dirilis Japan Automobile Dealers Association, sepanjang November lalu, penjualan hybrid terpopuler ini mencapai 34.164 unit. Volume penjualan itu meningkat 60 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Prius dibekali mesin 1.5-liter bensin VVT yang dikombinasikan dengan motor listrik yang dapat menyemburkan tenaga hingga 100 hp. Mobil ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 10,7 detik.

9. Acura MDX
Acura MDX atau yang juga dikenal sebagai Honda MDX ini pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 2001. Mid-size crossover SUV ini juga dikenal sebagai crossover SUV pertama yang menawarkan deret kursi ketiga.

Acura DMX 2010, mengandalkan mesin SOHC V6 berkapasitas ruang bakar sebesar 3700 cc. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 300 daya kuda dan sanggup mencapai kecepatan maksimum 193 km/jam. Adapun akselerasinya dari 0-100 km/jam hanya 7 detik.

Mobil ini menggunakan sistem transmisi enam gigi percepatan. Acura MDX juga dilengkapi dengan active cruise control, blind-spot detection, dan automatic collision-mitigation braking.

10. Volkswagen Jetta
Volkswagen Jetta merupakan sedan terlaris asal Eropa yang dijual di Amerika Serikat. Populasi VW Jetta mencapai 9,6 juta unit yang merupakan penjualan tertinggi di dunia di kelasnya.

VW Jetta bukan hanya menawarkan kemewahan, namun juga kenyamanan. Itu berkat adanya ukuran kabin yang luas. Di bawah kap mobil ini terpasang mesin diesel TDI bertenaga 140 hp. 
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment