Monday, December 20, 2010

Dentuman Bom Sonik Israel Bikin Buaya Ingin Kawin

Dentuman Bom Sonik Israel Bikin Buaya Ingin Kawin, Lho Kok?
Israel tengah mengembangkan bom sonik yang nantinya bakal digunakan oleh pesawat tempurnya. Dari namanya, kekuatan bom sonik yang dikembangkan mampu menghasilkan dentuman suara yang cukup kencang.

Namun bom itu memiliki konsekuensi yang tidak pernah terpikirkan. Dentuman suara itu bisa mendorong buaya yang seharusnya beristirahat mendadak tergerak untuk kawin.

Seperti diberitakan Harian Israel, Maariv, Ahad lalu, setiap saat pesawat melalui dataran tinggi Golan malam hari dan melintasi peternakan buaya di kawasan itu, para reptil langsung memulai ritual raungan saat musim kawin "Suaranya memekik kuat, mengingatkan pada suara mobil saat mengerem. Suara itu terdengar hingga ratusan meter," kata David Golan, kepala peternakan buaya di taman Gader Hamat, Maariv.

Menurut Golan, raungan mendadak dari buaya sepertinya merupakan respon terhadap dentuman sonik. Buaya jantan mengartikan suara itu sebagai penanda bahwa pejantan lain telau mengawali masa kawinnya..

Ada sekitar 100 buaya yang ditempatkan lokasi, di mana tentara Israel kerap melakukan latihan tempur. Meski tidak berbahaya bagi penduduk setempat, efek bom ini berbahaya bagi si buaya, terutama ledakan populasi buaya bukanlah sesuatu yang diiinginkan.

Pihak militer Israel hingga kini belum berkomentar terkait bom sonik yang mereka kembangkan termasuk efeknya terhadap buaya.

http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/10/12/21/153532-dentuman-bom-sonik-israel-bikin-buaya-ingin-kawin-lho-kok

No comments:

Post a Comment